Macam-macam Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Dari Rumah

Iklan di sini

Halo sobat, sekarang kita masih dalam kondisi pandemi. Jaga jarak pun masih selalu disosialisasikan oleh pemerintah. Di kalangan pekerja pun ada yang sudah mulai bekerja normal ke tempat kerja, ada yang masih kerja dari rumah, dan ada pula yang terpaksa di PHK karena perusahaan tempat bekerja tidak mampu membayar gaji pekerjanya.

ilustrasi kerja di rumah (pb)

Nah, buat sobat yang sekarang punya banyak waktu luang di rumah, berikut macam-macam pekerjaan yang bisa dilakukan cukup dari rumah saja:

1. Bisnis Online

Bisnis online sudah dari dulu menjadi alternatif bagi yang ingin bekerja hanya dari rumah. Bahkan dengan kita menekuni bisnis online dengan serius, kita tetap bisa bekerja walau kemana pun kita pergi. Saat pulang kampung, saat traveling, atau sambil melakukan pekerjaan lainnya. Syaratnya mudah kok, yang penting selalu ada koneksi internet di mana pun kita berada.

2. Konten Kreator Online

Sebenarnya, bagian ini juga termasuk bisnis online. Tapi karena admin ingin agar artikel ini mudah dipahami termasuk orang awam sekalipun, bagian ini lebih baik kita pisah.

Jenis konten kreator yang paling terkenal saat ini adalah menjadi Youtuber. Tapi jika sobat punya bakat pada hal lain, misalnya menulis blog, sobat bisa memilih untuk membuat blog saja. Atau kalau bisa dikerjakan bersamaan mungkin lebih menarik, sobat membuat konten berupa tulisan dan video.

3. Jualan Makanan di Depan Rumah dan Lewat Aplikasi

Jika lingkungan sobat cukup ramai, mungkin sobat bisa coba membuat kue atau makanan lainnya di halaman atau teras rumah. Jika sobat merasa belum bisa memasak, mungkin langkah pertama yang bisa dipraktekkan adalah mencoba berbagai resep masakan dari Youtube. Sudah banyak sekarang para Youtuber yang membuat konten memasak dengan resep yang cukup detail.

Selain berjualan langsung di depan rumah, sekalian juga daftarkan dagangan makanan sobat melalui aplikasi online seperti GoFood atau GrabFood. Di saat pandemi ini, orang akan lebih tertarik untuk memesan makanan lewat ponsel dibanding pergi langsung ke cafe atau resto. Peluang ini jangan sampai dilewatkan.

4. Jasa Servis Elektronik

Nah, ini lebih banyak ditujukan pada kaum pria, walau tidak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan wanita. Buat sobat yang paham hal-hal teknis misalnya memperbaiki ponsel android, sobat bisa buat spanduk kecil untuk dipajang di depan rumah. Siapa tahu ada tetangga satu komplek yang membutuhkan jasa sobat. Selain ponsel, servis elektronik lainnya bisa berupa komputer, TV, AC, kulkas, dan banyak lagi yang lainnya. Tergantung dari keahlian yang sobat miliki.

Untuk peralatan, jika sobat punya dana kecil, sobat bisa gunakan peralatan seadanya dulu. Misal untuk servis ponsel android jenis kerusakan ringan, biasanya kita cuma perlu komputer dan kabel data untuk memperbaiki sistem melalui program di komputer. Bahkan ada jenis kerusakan yang tidak memerlukan peralatan apa-apa. Misalnya untuk reset android, tinggal tekan tombol di ponsel sesuai prosedurnya, sobat sudah bisa memperbaiki ponsel orang lain. Bayarannya pun lumayan, biasanya tarif paling murah sekitar Rp50.000.

5. Tambal Ban

Motor adalah benda bergerak. Yang namanya benda bergerak, selalu saja ada kerusakan-kerusakan yang sering tak terduga. Apalagi soal ban. Meski pulang ke rumah aman-aman saja, bisa jadi besok pagi ban motor sudah kempes. Hal ini mungkin karena saat di perjalanan, motor yang digunakan terkena jarum kecil yang membuat kebocoran tidak langsung diketahui. Jika yang mengalami itu adalah tetangga sobat, sobat bisa dapat pahala sekaligus uang darinya. Tetangga sobat tidak perlu susah-susah lagi dorong motor ke bengkel di luar komplek.

6. Tidur

Kalau semua yang diulas di atas atau jenis pekerjaan lainnya tidak ada yang membuat sobat tertarik, sobat bisa memilih pekerjaan yang paling banyak dilakukan orang di rumah. Sobat tinggal rebahan dan bermimpi. Karena kata motivator kesuksesan berawal dari mimpi.

7. Nggak ngapa-ngapain (bonus)

Zaman sekarang kita harus kreatif. Bahkan kreatifnya orang yang "mager", juga bisa membuat mereka tetap mager, tapi menghasilkan uang. Seperti yang dilakukan oleh seorang youtuber. Dia membuat video berjudul "2 Jam Nggak Ngapa-ngapain" dan diunggah ke Youtube. Kemudian videonya viral, dan dia pun dapat uang dari video tersebut.

Nah, sebenarnya masih banyak lagi jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Tergantung bagaimana sobat jeli melihat peluang dan mengambil peluang tersebut. Jika sobat punya ide lain, silakan tulis di komentar ya. [tk/ip]

Iklan di sini

Posting Komentar

0 Komentar