Macam-macam Bisnis Online yang Bisa Dilakukan di Rumah

Iklan di sini

Seperti pada artikel sebelumnya. Kita membahas mengenai "macam-macam pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah". Nah langsung saja kita bahas salah satunya, yakni Bisnis Online:

ilustrasi bisnis online (pb)

1. Berjualan Barang Online

Sekarang sudah banyak marketplace yang menjual berbagai jenis barang dengan harga yang beragam pula. Sobat bisa coba untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan penjual online di berbagai marketplace tersebut. Jika sobat punya barang yang ingin dijual, langsung saja daftar untuk membuat toko online dan tunggu pemesanan datang melalui notifikasi di ponsel sobat. Jika sobat tak punya stok barang, sobat bisa coba cara yang ke dua berikut.

2. Jadi Reseller Online

Ini bisnis yang cukup menarik untuk dilakukan bagi pemula dalam bisnis online. Sobat tak perlu punya stok barang. Sobat tinggal sediakan foto produk yang ingin dijual. Jika terjadi pemesanan, sobat bisa memesan produk pada panjual online yang memiliki stok barang yang sobat jual. Sobat tinggal atur berapa selisih harga yang akan sobat ambil sebagai keuntungannya.

Untuk Menjadi Reseller, biasa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama bila ada pemesanan, sobat pesan produknya untuk dikirim ke alamat sobat, lalu, dikirim lagi ke alamat pembeli. Kemudian yang kedua, jika ada pemesanan, sobat bisa meminta penjual untuk mengirim langsung produk ke alamat pembeli. Cara yang kedua ini biasa disebut dropship.

Masing-masing cara tersebut ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Jual Makanan Online

Nah kalau sobat hobi masak, buatlah menu makanan yang unik dan menarik, lalu daftarkan gerai sobat ke aplikasi online seperti GoFood atau GrabFood. Buatlah foto semenarik mungkin untuk dipajang di aplikasi tersebut. Apalagi sekarang zamannya serba viral. Jika makanan sobat viral, siap-siap orang akan antre sepanjang puluhan meter di depan rumah sobat.

4. Jasa Online

Kalau sobat punya keahlian di bidang programing, misalnya bisa membuat website toko online, ini patut untuk dicoba. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang jasa seperti ini sangat diperlukan oleh berbagai pebisnis offline yang ingin mengalihkan bisnisnya ke online.

Atau bisa coba lakukan jasa lainnya, yang lebih spesifik pada nomor 5 berikut.

5. Buka Kursus Online.

Ada banyak orang tua yang sekarang kesulitan mengajarkan anaknya di rumah. Apalagi setelah berbulan-bulan sang anak tidak mendapat bimbingan secara langsung oleh guru yang memang ahli di bidangnya. Hasilnya baik anak maupun orang tua sama-sama pusing jadinya.

Buatlah layanan kursus online yang bersifat pribadi atau private. Anggap seperti kursus biasa dari rumah ke rumah, tapi kali ini sobat mengajar langsung pakai aplikasi Zoom. Memang sudah ada aplikasi belajar online yang terkenal, tapi untuk pengajaran secara pribadi tatap muka hanya seorang guru dan seorang murid, itu masih sulit dilakukan. Karena pengguna aplikasi yang juga sangat banyak.

6. Jadi Youtuber

Nah, jadi Youtuber ini sebenarnya juga bisnis kok. Sobat tinggal serius saja buat konten secara rutin. Anggap sobat sedang bekerja di sebuah stasiun TV, harus ada satu video tiap hari. Jika video yang sobat buat menarik, dan banyak penontonnya, nanti Channel Youtube soba akan bisa diuangkan.

7. Jual Karya Digital

Jika sobat hobi desain atau hobi fotografi, selain sobat bisa buka jasa, sobat juga bisa menjual karya yang sudah sobat buat ke berbagai situs yang ada. Salah satu situs yang cukup terkenal untuk menjual karya digital adalah Shutterstock. Siapa tahu foto yang sobat jepret atau desain logo yang sobat buat, ada yang membutuhkannya. Oh iya, yang beli di sana biasanya kebanyakan orang luar negeri. Karena orang luar banyak yang tidak suka gratisan, apalagi jika karya tersebut akan digunakan untuk bisnis.


Nah itulah sebagian bisnis online yang layak dicoba. Masih banyak lagi jenis bisnis online yang sebenarnya bisa dilakukan. Namun yang diulas di atas adalah yang paling banyak disukai dan lebih mudah melakukannya Jika sobat punya ide lain, silakan tulis di kolom komentar ya. [tk/ip]

Iklan di sini

Posting Komentar

0 Komentar